5 peselancar penakluk ombak terbesar di dunia

Melihat ombak di lautan memang membuat takjub. Terlebih ketika adrenalin terpacu ketika kita merasakan langsung hantaman ombak-ombak kecil. Namun, tantangannnya tidak sampai pada ombak-ombak kecil. Para peselancar ini mempertaruhkan nyawanya untuk mendapatkan sensasi lebih dari sekedar terhantam ombak-ombak kecil. Mereka berhasil menunggangi ombak-ombak besar. Bayangkan, suara ombak bergemuruh di tepi pantai. Bagaimana suara ombak besar itu terdengar bila kita berada di atasnya? Berikut lima peselancar yang pernah menungganggi ombak-ombak terbesar di dunia.

1. Garret McNamara

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Tutup
Garret McNamara(sumber:blogspot.com,uniknya.com)




November silam Garrett McNamara berselancar di atas ombak dengan ketinggian mencapai 90 kaki lebih di pantai Portugal, mengalahkan rekor tahun 2008, Shane Dorian. Dan atas prestasinya tersebut membawa McNamara dihadiahi uang senilai US$15.000 atau sekitar Rp137 miliar dalam penghargaan Billabong XXL Global Big Wave di California, pekan lalu.
Ombak raksasa yang ia taklukkan terletak di atas sebuah jurang bawah laut yang terkenal sebagai generator gelombang terbesar dunia.
McNamara mulai berselancar di usia 11 tahun dan terjun secara profesional enam tahun kemudian.


2. Mike Parsons

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Tutup
Mike Parsons (sumber:blogspot.com,uniknya.com)




Pemegang rekor sebelum Garet adalah Mike Parsons, yang pernah memecahkan rekor tanggal 5 Januari 2008, di Cortes Bank, ketika ia menaklukan sebuah ombak yang dinilai oleh Billabong XXL memiliki ketinggian 70 kaki lebih dan secara resmi membuatnya terdaftar dalam Guinness Book of World Records.
Sebelumnya Mike Parsons (lahir 13 Maret, 1965 California) adalah peselancar yang disponsori oleh perusahaan Billabong yang terkenal karena berhasil beselancar di atas ombak setinggi 66 kaki di CA pada tahun 2001, dimana ia diberi hadiah sebesar 66 ribu dolar, hadiah terbesar yang pernah diberi dalam sejarah selancar profesional.

3. Ken Bradshaw

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Tutup
Ken Bradshaw (sumber:blogspot.com,uniknya.com)



Meskipun Parsons pernah beselancar ombak di atas 70 kaki, namun secara tidak resmi rekor ombak terbesar kedua yang pernah diselancari tetap dipegang oleh Ken Bradshaw. Tanggal 28 Januari 1998, Ken Bradshaw berhasil menungganggi sebuah ombak dengan perkiraan tinggi 80 kaki. Lokasi ombak tersebut adalah di Outside Log Cabins, North Shore, Oahu, Hawaii.
Ada sebuah foto yang salah tentang Bradshaw sedang berselancar di atas 60 kaki sebagai ombak terbesar yang pernah diselancari. Ombak yang pernah ia pecahkan rekornya, kira-kira 20 kaki lebih tinggi dari foto tersebut, tidak difoto. Hanya ada video rekaman yang diambil dari pantai tersebut (yang muncul dalam video-video The Moment and Making the Call), namun tampilannya sebagian terhalangan oleh ombak yang lebih kecil.

4. Shane Dorian

Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Tutup
Shane Dorian (sumber:blogspot.com,uniknya.com)




Patrick Shane Dorian mendapatkan hadiah besar saat penghargaan Global Big Wave tahun 2008. Ia pun merupakan anggota lama dari tim Billabong, sponsor utamanya. Rekor yang pernah ia pecahkan adalah dengan berselancar di ketinggian 57 kaki di Jaws, Peahi, Maoui, Hawaii. Karena itu, ia mendapatkan penghargaan Monster Paddle Award di Billabong XXL Global Big Wave Awards tahun 2011.

5. Ross Clarke-Jones
Silahkan Klik untuk Melihat Gambar dan Video... Tutup
Ross Clarke-Jones (sumber:blogspot.com,uniknya.com)




Dikenal juga sebagai “Dark Bones” dan “RCJ”, Clarke-Jones dikenal atas kecintaannya terhadap ombak-ombak besar, dan bersama dengan mitranya Tony Ray telah menantang beberapa ombak terbesar. Tanggal 28 Januari 1998, keduanya adalah bagian dari sekelompok kecil peselancar yang menungganggi raksasa Outside Log Cabins di pantai utara Oahu, Hawaii. Ombak yang dihadapi bervariasi antara 50 sampai 80 kaki. Clarke-Jones dan Ray memiliki momen penting ketika keduanya tertangkap dan terpukul-pukul oleh sebuah ombak 60 kaki, sehingga menenggelamkan mereka ke dalam air. (**)